National and International Updates and ArticlesPost

In Memorian Nelson Mandela – Pejuang Hak Asasi Manusia

” … Untuk bebas tidak sekedar dengan memutus mata rantai seseorang, tetapidengan hidup yang menghargai dan menjunjung tinggi kebebasan orang lain. ” Nelson Mandela , 18 Juli 1918 – 5 Desember 2013

Kami di Global Fund for Women memperingati kehidupan Nelson Mandela : seorang pemimpin besar , HAM dan salah seorang dimana kami belajar harga dari membela keyakinan seseorang. Dia sangat mempengaruhi tentang mengapa dan bagaimana kitadengan berani memperjuangkan misi kami untuk menjamin hak asasi manusia bagi perempuan dan anak perempuan . Kami adalah bagian dari gerakan yang didasarkan pada keyakinan Mandela dalam hal kebebasan yang ” menghormati dan menjunjungtinggikebebasan orang lain . ”

Anggota dewan Global Fund Phumzile Mlambo Ngcuka – lahir dan dibesarkan di Afrika Selatan dan ditinggali rasisme yang menggilas sebagai inti dari paham apartheid dan berusaha berjuang untuk mengalahkannya dan warisan-warisannya . Dia mengatakan , Mandela menaruh perhatian dan dan perjuangan demi perempuan dan anak-anak . ” Ketika ia membuka pertamakali Parlemen terpilih secara demokratis dia mengatakan, “Kebebasan tidak dapat dicapai kecuali perempuan telah terbebas dari segala bentuk penindasan.” Dia nyata dalam sikapnya sebagaimana perempuan duduk di parlemen dan kabinetnya.

Phumzile diangkat wakil menteri Perdagangan dan Industri selama kepresidenan Mandela . ” Beberapa kebijakan kunci yang berlaku selama masa kepresidenannya adalah perawatan prenatal care postnatal bebas untuk ibu dalam sistem kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan gratis bagi anak-anak sampai usia enam . Dia juga memperkenalkan upah sosial dalam bentuk hibah yang dibayarkan kepada anak-anak dari ibu yang miskin dan pengangguran , serta pensiun bagi orang-orang yang lebih tua dan hibah sosial dibayarkan kepada untuk penyandang cacat tidak bisa bekerja . ”

” Jika ada mimpi tentang Afrika Selatan yang indah, disana terdapat jalan mencapainya.Dua diantara jalan tersebut dapat disebut dengan Kebaikan dan Pengampunan . ”

Nelson Mandela dikenang sebagai pemimpin gerakan anti – apartheid Afrika Selatan , pemenang Hadiah Nobel Perdamaian ( 1993) dan presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan . Namun warisannya lebih luas dari itu . Meskipun jalan menuju Kebaikan dan Pengampunan itu harus menemui banyak kebrutalan, rasisme, dan mendekam sambil bekerja lama di penjara , ia melintasi kedua jalan dengan keyakinan dan tujuan jelas. Salah satu hasil dari itu adalah Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. Tujuannya :untukmenolong Afrika Selatan ” … datang kepada masa lalu mereka melaluii moral moral dasar mudah diterima dan mengetengahkan isurekonsiliasi ”

Presiden dan CEO Global Fund Musimbi Kanyoro , yang semangat gerakan aktivisnya hari ini dibentuk oleh gerakan Hak Sipil anti- apartheid dan AS , mengatakan kemampuan untuk memaafkan adalah salah satu warisan paling abadi Mandela untuk semua perjuangan , termasuk hak-hak perempuan . ” Nelson Mandela menunjukkan kepada kita apa artinya untuk berdiri untuk hak asasi manusia . Dalam tidak membalas dendam , ia menunjukkan bahwa keadilan bukan hanya kami . Keadilan adalah tentang kita semua , kulit hitam dan kulit putih dan kulit kuning dan kulit coklat . ”

Bagi anggota dewan Global Fund Gay McDougall , relasi Mandela kepadanya dan anti – apartheid adalalah sangat pribadi dan profesional . best online casino Africa (IEC).”>Dia menjabat sebagai Direktur Afrika Selatan Proyek selama 14 tahun dan satu-satunya Amerika untuk diangkat ke Komisi Pemilihan Independen Afrika Selatan ( IEC ) . Dia dengan Mandela ketika ia memilih untuk pertama kalinya dan mengatakan dia merasa beruntung telah mampu memainkan peran yang substantif dalam perjuangan , yang membongkar sistem pemerintahan yang menindas dan menggantinya dengan salah satu konstitusi paling progresif konstitusi di dunia.

” Selama hampir dua dekade , Saya merasa terhormat menjadi garda depan barisan depan di kursi pertunjukan drama manusia terbesar abad kedua puluh : kekalahan apartheid , ” kata McDougall . ” Sejak itu saya telah bekerja di beberapa tempat yang cukupkeras : Rwanda setelah genosida , ladang pembunuhan di Kamboja , adegan pembantaian massal di Sierra Leone dan Bosnia , dan battlegrounds terpencil perang saudara di Kolombia . Semua pengalaman saya nantinya memperkuat pelajaran yang saya pelajari di Atlanta dan Afrika Selatan : bahwa kekuatan sejati untuk keadilan datang dari dalam setiap masyarakat , bahwa perubahan nyata tidak pernah dicapai oleh satu orang , meskipun tindakan individual keberanian dan tekad sangat penting . Tetapi sangat penting untuk menghubungkan tindakan-tindakan individu keberanian ke dalam strategi dan gerakan . “

Mlambo – Ngcuka mencatat bahwa Mandela sangat menyadari kebutuhan untuk pria dan wanita untuk bekerja sama untuk memerangi penindasan berbasis gender . ” Dia menunjukkan bahwa , ” selama kita mengambil pandangan bahwa ini adalah masalah bagi perempuan saja untuk memecahkan , kita tidak bisa berharap untuk membalikkan tingginya insiden perkosaan dan pelecehan anak . ” Inilah sebabnya, Madiba ( nama suku nya ) tetap mentor bagi saya . ” Gay McDougall menambahkan , ” Dia telah mengajarkan dunia bahwa penting bagi Anda untuk jujur ​​pada prinsip-prinsip Anda . Dan ketika Anda bekerja dengan orang lain yang memiliki komitmen yang sama , Anda bahkan dapat membuat rezim yang kuat , seperti pemerintah apartheid yang jatuh itu. ” Jika kelompok-kelompok yang dilakukan individu dan organisasi dapat membongkar apartheid , pasti kita bisa mengakhiripenindasan dan diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia . “

Dalam kasusnya kita dapat mengatakan hidupnya telah menyentuh dan memperkaya banyak orang , ” kata Mlambo – Ngcuka , ” dia cepat berfikir untuk menunjukkan bahwa bukan dia tapi kolektif yang telah membuat perbedaan dan ANC atas apa yang telah diraihnyadengan mengatakan , ” Jika saya mampu membantu negara kita beberapa langkah maju menuju demokrasi , non – rasialisme dan non – seksisme , itu karena saya adalah produk dari ANC .

Seperti saat Dr Martin Luther King ditanya kapankah para pembelaaan hak-hak sipil akan terpenuhi tuntutannya, dia menjawab , ” … kita tidak akan puas sampai keadilan bergulung-gulung ke bawah seperti air dan kebenaran seperti sungai perkasa . ” Jadi mari kita menggunakan kebijaksanaan dan tindakan Mandela bahan bakar kami saat kami mendorong agenda kami untuk wanita dan anak perempuan di seluruh dunia .

 

Sumber : http://www.globalfundforwomen.org/impact/news/183-2013/2108-remembering-nelson-mandela

Penterjemah : Alex

Comment here